Instagram

Pages

Minggu, 27 April 2014

PERSYARATAN MENDIRIKAN GREEN HOUSE

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bila kita bermaksud mendirikan green house. Hal ini sangat erat kaitannya dengan investasi, pertimbangan pemasaran, pengadaan sarana produksi, infrastruktur serta industri pengolahan dan pemasarannya.
Sehingga pembuatan green house ini tidak bisa dilakukan sembarangan tanpa pertimbangan.
 Adapun beberapa lokasi ideal yang dapat dijadikan tempat green house harus memenuhi beberapa kriteria diantaranya :
(1) intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi pada musim hujan,
(2) suhu yang cukup dan mendukung, dalam arti tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin,
(3) dekat dengan pusat keramaian/pasar,
(4) dekat sumber air yang baik dan cukup sepanjang tahun,
(5) dekat dengan instalasi listrik,
(6) tempatnya harus datar tidak boleh mempunyai kemiringan
(7) tanah yang digunakan merupakan tanah yang tidak bergerak dan terakhir
(8) dekat dengan sarana penunjang seperti kantor, laboratorium, jalan besar (mudah dijangkau kendaraan) untuk mempermudah pengawasan dan penggunaannya.
Selain itu ada tiga hal utama yang perlu diperhatikan diantaranya : batasan kekuatan muatan, penetrasi cahaya dalam green house dan biaya.
Meskipun di Indonesia hanya mengenal dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau namun perlu diperhatikan pula kekuatan atap dan bangunannya. Baik atap maupun bangunan harus kokoh dan kuat dari terpaan angin maupun hujan deras. Kemiringan atap pun minimal harus 28o.
Tanpa mengesampingkan aspek kekokohannya, struktur konstruksi bangunan green house haruslah bisa menjaga agar penetrasi (cahaya yang masuk) tetap maksimal. Agar penetrasi cahaya sesuai dengan kebutuhan tanaman, sebaiknya atap penutup haruslah terbuat dari bahan yang sangat transparan. Selain itu pilar-pilar penyokong sebaiknya dicat dengan warna yang dapat memantulkan cahaya.

0 komentar:

Posting Komentar